9. KUE KHAS DAERAH

GETHUK PISANG

 gethukpisang

                 Selaras dengan namanya, gethuk pisang tentu saja berbahan dasar dari buah pisang, biasanya dari jenis pisang raja nangka. Pisang jenis ini menjadi pilihan utama karena bentuknya yang bulat panjang dan bisa mencapai ukuran 15 cm. Keistimewaan lain dari pisang raja nangka, yang dikenal sebagai pisangnya raja-raja, adalah aromanya yang khas dan rasanya yang lain daripada yang lain, yakni perpaduan dari rasa asam dan manis alami meskipun tanpa diberi tambahan gula. Rasa asam manis inilah yang membuat rasa gethuk pisang menjadi berkesan. Gethuk Pisang biasanya menjadi usaha industri rumahan yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat.

Cara pembuatan gethuk pisang pun terbilang cukup sedernaha. Pilih pisang raja nangka yang masih setengah matang, kemudian dikupas kulitnya. Setelah itu, pisang dikukus selama beberapa jam hingga warnanya berubah menjadi kemerahan. Selagi masih panas, pisang yang sudah berubah aura tersebut lalu ditumbuk sampai halus dan dibungkus dengan daun pisang. Jadilah sudah gethuk pisang yang dijamin bikin ketagihan itu.

Gethuk pisang adalah makanan alami, tanpa tambahan zat apapun, termasuk gula dan bahan pengawet. Oleh karena itu, gethuk pisang hanya bisa bertahan selama dua hari pada suhu kamar atau sekitar empat hari jika disimpan di dalam lemari pendingin. Gethuk pisang ini nikmat dinikmati selagi hangat, namun tidak kalah sedap disantap ketika sudah beranjak dingin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s